Perdagangan Luar Negeri (Ekspor dan Impor)


Definisi Perdagangan Luar Negeri (Intenasional) Ekspor dan Impor
Untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, manusia tidak bisa terlepas dari kegiatan perdagangan. Orang yang berperan penting dalam kegiatan tersebut adalah pedagang. Merekalah yang bertugas menyalurkan barang-barang ke konsumen. Kegiatan jual beli saat ini tidak hanya terbatas antar penduduk dalam satu negara. Kegiatan perdagangan sudah mulai merambah ke dunia internasional atau antar negara. Kegiatan tukar menukar barang dan jasa anatara satu negara dengan negara lain inilah yang kemudian disebut sebagai perdagangan internasional ekspor dan impor.

Sebab munculnya perdagangan Internasional Ekspor dan Impor
1.     Hasil produksi yang sangat variatif di tiap negara
Perbedaan kekayaan alam yang dimiliki tiap-tiap negara, mengakibatkan adanya usaha untuk menutupi kekurangan kekayaan alam tersebut. Misalnya, suatu negara memiliki kekayaan yang melimpah pada barang dan jasa. Sementara itu, negara lain justru mengalami kekurangan pada produksi barang dan jasa. Dengan demikian, maka terjadilah perdagangan internasional ekspor dan impor antara kedua negara tersebut.
2.     Diferensiasi Harga Barang
Layaknya pada suatu pasar, konsumen akan selalu mencari pedagang dengan harga yang lebih kompetitif atau lebih murah dengan kualitas yang sama. Demikian pula halnya dalam perdagangan internasional. Jika Amerika dan Korea sama-sama dapat memproduksi computer dengan harga yang lebih murah dibandingkan Indonesia, maka orang-orang di Indonesia akan lebih memilih membeli computer di kedua negara tersebut dengan harapan dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar.
3.     Motivasi untuk menambah produktivitas
Ketika terjadinya kerjasama lintas negara, produk yang dihasilkan pun harus sudah berkualitas internasional. Jika tidak, jangan harap hasil produksi anda dilirik oleh negara lain. Factor motivasi dari dalam diri para pekerja menjadi salah satu penyebab terjadinya perdagangan internasional.

Penghambat perdagangan internasional Ekspor dan Impor
1.     Situasi Keamanan Suatu Negara
Prinsipnya, semakin kondusif suhu politik dan situasi keamanan suatu negara, maka semakin banyak negara yang berminat menjalin perdagangan internasional. Demikian sebaliknya, aktivitas perdagangan internasional akan terhambat bahkan berhenti, jika kondisi keamanan suatu negara kurang aman atau kurang kondusif.
2.     Regulasi Pemerintah
Regulasi pemerintah kerap menjadi penghambat kelancaran perdagangan internasional ekspor dan impor, seperti misalnya pembatasan jumlah impor, biaya ekspor atau impor yang tinggi, serta perizinan yang berbelit-belit.
3.     Tidak Stabilnya Kurs Mata Uang Asing
Tidak stabilnya kurs mata uang asing, mengakibatkan sulitnya eksportir maupun importer menentukan harga penawaran maupun permintaan dalam perdagangan internasional. Kendalan tersebut membuat para pedagan intersional enggan melakukan kegiatan ekspor dan impor.

Akibat Perdagangan Internasional Ekspor dan Impor
          Perdagangan internasional ekspor dan impor memberi dampak positif maupun negative bagi negara-negara yang terlibat. Dampak positif adanya perdagangan internasional dirasakan oleh negara pengekspor maupun pengimpor. Bagi negara pengekspor, mendapat kemudahan memperoleh pasar, sedangkan bagi negara pengimpor, memperoleh kemudahan barang. Selain itu, beberapa dampak positif lainnya adalah mempererat hubungan persahabatan antar negara, meningkatkan kesejahteraan suatu negara, membuka dan memperluas lapangan pekerjaan, sebagai sumber pemasukan negara, mendorong majunya ilmu pengetahuan dan teknologi serta diversifikasi konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara.
          Dilain pihak, perdagangan internasional ekspor dan impor juga berdampat negative terhadap negara yang terlibat. Diantaranya adalah timbulnya ketergantungan terhadap suatu negara, persaingan yang tidak sehat dalam perdagangan internasional, industry kecil yang tidak mampu bersaing akan gulung tikar, serta munculnya penjajahan ekonomu oleh negara yang lebih maju.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Segmentasi Pasar Produk Indomie

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari

Kependudukan, Ketenagakerjaan, Kesempatan Kerja dan Pengangguran